7 Kemampuan Wajib Punya Agar Siap Bersaing di Masa yang Akan Datang

http://www.ilmumodern.com/2018/03/kemampuan-wajib-punya-agar-siap-saing.html

Hai sob, bagaimana kabarnya???. Kali ini admin akan membagikan sebuah artikel Motivasi yaitu 7 Kemampuan Wajib Punya Agar Siap Bersaing di Masa yang Akan Datang. Sebelumnya, para ahli memprediksi jika persaingan kerja akan lebih ketat di masa yang akan datang. Persaingan pun tidak hanya dengan sesama para tenaga kerja akan tetapi juga dengan mesin dan komputer. Karenanya, para ahli menyarankan untuk meningkatkan kemampuan agar bisa bersaing dan lebih sukses nantinya. Nah ini dia 7 Kemampuan Wajib Punya Agar Siap Bersaing di Masa yang Akan Datang tersebut:

1. Pemecahan Masalah Kompleks

Teknologi bisa membuat hidup lebih mudah namun bisa juga menyulitkan, terutama bagi yang mengembangkannya. Untuk bisa bersaing dengan mesin, komputer, dan intelegensi buatan di tahun tahun akan datang, Anda pun harus bisa memecahkan masalah kompleks yang ditimbulkannya. Dikatakan jika 36% pekerjaan nanti membutuhkan kemampuan tersebut.Nah, jika anda ingin tahu bagaimana cara memecahkan masalah yang kompleks itu kamu bisa ikuti langkah ini yaitu dengan masuk ke artikel saya ini Tekhnik Jitu Pemecahan Masalah Kompleks

2. Pemikiran bersifat kritis

Pemikiran kritis merupakan sebuah pemikiran yang menekankan pada penilaian reflektif dan kritik. banyak orang membutuhkan orang-orang yang bisa berpikir kritis. Dikatakan jika perusahaan perlu SDM (Sumber Daya Manusia) yang bisa menggunakan mesin dengan kritis yakni dapat memakai juga bisa mengevaluasi. Dengan begitu diharapkan fungsi mesin bisa lebih menguntungkan perusahaan.

3. Kreativitas

Dunia juga akan semakin memerlukan ide-ide kreatif. Penelitian di 2015 menyebutkan jika kreativitas menjadi kemampuan wajib punya ke-10. Namun dalam lima tahun, peringkatnya hingga ke tiga besar berkat hadirnya teknologi yang semakin baru dan canggih. kemampuan kreativitas berarti kemampuan menciptakan sesuatu (ide-cara-produk) yang baru. Jadi, konotasi kreativitas berhubungan dengan sesuatu yang baru yang sifatnya original. Ciri-ciri orang yang berkreativitas yaitu jika berbicara mereka berpikir secara lancar yang menyangkut keragaman (gagasan, saran, pertanyaan, jawaban), kelancaran komunikasi, kecepatan bekerja, melihatkekurangan; berpikir luwes yang menyangkut menghasilkan keragaman (gagasan, jawaban, pertanyaan, sudut pandang, alternatif, interpretasi, aplikasi, pertimbangan, arah pikir); berpikir rasional (ungkapan baru-unik, kombinasi inovatif, cara inovatif, generalisasi); ketrampilanelaborasi (mengembangkan gagasan, merinci objek, merinci solusi, memiliki rasa estetika
 

4. Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia, atau bisa disingkat MSDM, merupakan cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Bukan hanya mengolah mesin dan komputer, kemampuan dengan sesama manusia juga dibutuhkan. Hasil penelitian yang dihasilkan perusahaan butuh pekerja yang bisa memotivasi orang lain hingga mengembangkan talenta mereka. Kemampuan tersebut paling dibutuhkan oleh manager di suatu industri dan bidang energi.

5. Koordinasi

Koordinasi yaitu suatu kemampuan melakukan kegiatan dengan berbagai tingkat kesukaran dengan cepat, efisien, penuh ketepatan, serta untuk mengontrol pergerakan tubuh dalam kerjasama dengan fungsi sensorik tubuh misalnya menangkap bola (bola, tangan dan mata koordinasi. Kemampuan tersebut dibutuhkan karena memudahkan kolaborasi yang diharapkan bakal menghasilkan keuntungan lebih.

6. Intelegensi dan Emosi

Intelegensi adalah kemampuan menyesuaikan diri secara mental terhadap situasi dan kondisi baru. sedangkan Emos berperan penting dalam suatu kehidupan, emosi akan memberi warna kepada kepribadian, aktivitas serta penampilannya dan dapat juga akan mempengaruhi kesejahteraan dan kesehatan mentalnya. Meskipun banyak kerja industri yang melibatkan mesin, kemampuan dalam mengolah emosi tetap saja diperlukan. Perusahaan akan memilih orang-orang yang dapat mengatur emosinya sendiri dan mengerti pula perasaan orang lain.

7. Pembuatan Keputusan

Diperlukan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat, tepat dan akurat untuk menganalisa dan menggunakan data itu dengan baik. Kemampuan ini terutama dibutuhkan tenaga kerja di bidang industri yang bergerak dengan cepat. janganlah kamu membuat keputusan yang salah, buatlah keputusan secara matang yaitu dengan melakukan pertimbangan dengan matang-matang dan lihatlah konsekuensinya yang akan dihadapi, konteks ketika mengambil keputusan misalnya kapan akan diam, dengan siapa, apakah ada efeknya pada orang lain, apakah kita punya kontrol akan keputusan tersebut. Dan apakah keputusan yang diambil tidak merugikan diri sendiri dan orang lain

Semoga artikel 7 Kemampuan Wajib Punya Agar Siap Bersaing di Masa yang Akan Datang dapat kamu jadi rujukan terpercaya. Silahkan share artikel ini agar manfaatnya tidak hanya berhenti ke anda saja.
SEMOGA BERMANFAAT!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *