Cara Memperbaiki Kipas angin konslet Hingga Merawat dan Pencegahan Kerusakan

Kipas angin adalah alat yang digunakan oleh orang disaat merasa kegerahan atau panas  atau mendinginkan udara yang segar. Kipas angin ini menggunakan tenaga listrik untuk menyalakannya. Hal tersebut membuat alat ini memiliki rentan rusak karena biasanya jika aliran listrik diubah menjadi energi gerak akan menjadi keausan. Nah, hal itu membuat kalian mencari informasi bagaimana cara memperbaiki hingga merawatnya. Disini admin akan membagikannya cara memperbaiki kipas angin konslet.

Kipas angin rusak

Sebelum kalian membaca cara memperbaiki nya alangkah perlunya kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang dialami kipas tersebut sehingga mengalami konsel.

Mengatasi Kipas Angin Konslet

Nah disini selain Mengatasi kipas angin konslet, kita juga memberikan keluhan kalian atau masalah yang kalian alami dan penyebabnya.

Cara Memperbaiki Kipas angin konslet Hingga Merawat dan Pencegahan Kerusakan

PERTAMA

Masalah : Jika kipas kalian mengalami mati total yang dimana kipas angin kalian tidak bisa berputar dan semua led pada kipas tidak menyala.

Penyebab : penyebab dari masalah tersebut adalah karena ada arus listrik ke kipas angin yang terputus. atau stopkontak yang rusak.

Solusi : periksai arus listrik pada stopkontak kipas, periksa kabel yang putus (disini saya kasih saran menggunakan multitester agar efektif). dan jika kalian tidak bisa menggunakan multitester ke dua silahkan baca Cara Menggunakan Multitester

KEDUA

Masalah: kipas angin tidak berputar namun lampu led menyala
Penyebab: Kapasitor mengalami kerusakan, Kabel gulungan yang ada dibelakang baling2 terputus, poros kipas angin mengalami macet. (jika ada penyebab lainnya bisa komen dibawah).
Solusi: periksa kapasitornnya dengan menggunakan alat kapasitor dan jika kalian belum tahu caranya bisa baca Cara mengukur kapasitor, periksa kabel gulungan dan periksa kondisi poros baling-baling kipas.

KETIGA

Masalah: kipas angin yang berputar pelan
Penyebab: biasanya hal ini terjadi karena tegangan listrik menuju kipas kurang dan kadang juga poros kipas angin kering
Solusi: Periksa tegangan yang ada dirumah anda dan biasanya tegangan listrik yang normal itu 220V dan jika poros kipas nya kering, kalian bisa lumasi pada bagian poros dan bantalan agar tidak kering.

KEEMPAT

Masalah: Kipas angin tidak berputar akan tetapi ada suara dengung
Penyebab: Bearing atau bushing kipas angin sudah aus, motor kipas dengan stator sudah tidak ada lagi ditengah dikarenakan sudah penyok, banyak kotoran.
Solusi: bongkar kerangka kipas angin kalian kemudian cari dan Ganti bearing, bersihkan kotoran yang sudah menumpuk

KELIMA

Masalah: Kipas angin yang berisik
Penyebab: hal ini dikarenakan ada sebuah baut-baut yang berguna sebagai mengikat mengalami kelonggaran
Solusi: Dengan memeriksa baut-baut pengikat pada kipas angin

Nah, dari ke enam Masalah, Penyebab, dan Solusi tersebut semoga dapat membantu agar kipas angin kalian dapat berjalan dengan normal. Nah, jika kipas angin kalian sudah normal pasti kalian tidak ingin kipas angin kalian bermasalah bukan, untuk itu selanjutnya kita akan bahas tentang cara mencegah Kipas angin mengalami kerusakan.

Tips Mencegah Kipas Angin Mengalami Kerusakan

PERTAMA

Rajinlah dalam membersihkan kipas angin. kenapa saya bilang seperti itu karena kipas angin harus dibersihkan karena sebagian besar mesin-mesin untuk kipas angin bisa masuk udara dan oleh sebab itu membuat kotoran cepat masuk apalagi dengan bantuan angin yang dikeluarkan oleh kipas itu sendiri.

Cara Memperbaiki Kipas angin konslet Hingga Merawat dan Pencegahan Kerusakan

Setidaknya kalian membersihkan kipas angin kalian selama 1 jam atau 2 jam setiap 3 hari sekali .karena selain menyebabkan efek terhadap kipas angin kalian, hal ini juga bisa berpengaruh kepada kalian karena biasanya jika kipas angin tidak dibersihkan selama berbulan-bulan maka akan menjadi sarang bakteri dan bisa saja terhembus ke kalian.

KEDUA

Istirahatkan Kipas Angin. Semua alat mempunyai porsi pemakaiannya sendiri. sama halnya dengan kipas angin, jika digunakan tanpa adanya istirahat maka kipas angin kalian tidak bisa tahan lama. Setidaknya kalian gunakan kipas angin jika sangat memerlukannya. kan itu juga memakan biaya listrik, hemat sedikit bisa meringankan kalian dalam membayar tagihan listrik.

KETIGA

Periksa sekara berkala kondisi Kipas angin. hal ini efektif membuat kipas angin kalian menjadi awet. karena kalian selalu siaga akan masalah terjadi pada kipas angin kalian. setelah kalian sudah baca diatas tentang cara mengatasi nya, kalian bisa memperbaikinya dengan mudah tanpa memanggil customer service kembali.

Nah, sekarang kalian sudah tahu tentang tips dan trik mengatasi kipas angin yang konslet dan cara mencegahnya agar tidak rusak. untuk pembahasan selanjutnya kita akan bahasa bagaimana merawat kipas angin selain yang sudah dipaparkan diatas silahkan disimak dan dibaca.

Cara Merawat Kipas Angin Agar Tetap Awet

PERTAMA

Hindari pemakaian secara kasar. jika kalian memperlakukan kipas angin kalian secara kasar maka kipas angin kalian tidak akan tahan lama karena jika kalian menggunakan nya secara kasar seperti mengangkat dan menaruh sembarangan, menekan tombol dengan keras ataupun sejenisnya maka cepat atau lambat kipas angin kalian akan mengalami kerusakan

Cara Memperbaiki Kipas angin konslet Hingga Merawat dan Pencegahan Kerusakan

KEDUA

Hindari dengan Air. Sama seperti alat elektronik biasanya, jika terkena oleh air, maka bisa jadi kipas angin mengalami konslet karena terkena komponen-komponen yang ada didalamnya. Maka perlu di hindari.

KETIGA

Periksa Kabel sambungan ke stopkontak kalian. Hal ini dapat mencegah juga dalam terputusnya koneksi listrik karena rusaknya kabel pada aliran kipas angin.

Bagaimana teman2, sudah mempunyai gambaran yang luas kan tentang kipas angin itu kita sebagai manusia tidak hanya bisa menggunakan tetapi dapat merawat dan juga memperbaiki serta kalo bisa membuat. Oke salam hangat dari admin semoga kalian sehat wal afiat.

Salam Sukses….

3 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Biasanya, kipas angin sering rusak karena terus diberputar walau tidak dibutuhkan. Tombol di kipas elektrik juga harus diperiksa bila kipas tetap mati padahal sudah dicolok ke stopkontak yang strumnya nyala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *