Menganalisis peristiwa penting di dalam negeri yang berkaitan dengan proklamasi – Pendidikan

a). pelaksanaan BPUPKI. Pada tanggal 1 maret 1945 diumumkan pembentukan badan penyelidikan usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI) atau dalam bahasa jepangnya Dokuritsu junbi cosakai. maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI ialah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara indonesia merdeka. 1. Sidang BPUPKI I (29 mei-juni 1945). sidang ini merumuskan UUD yang dimulai dengan membahas dasar negara indonesia merdeka.Berkitut rumusan dasar negara indonesia merdeka berdasarkan piagamjakarta sbb: a). ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya. b). dasar kemanuasiaan yang adil dan beradab. c). persatuan indonesia. d). kerakyataan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. e).serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. 2. Siang BPUPK II (10-17 juli 1945). Sidang BPUPKI ini membahas rencana undang-undang dasar, termasuk pembukaan atau pembentuknya oleh panitia perancangan UUD yang diketuai oleh Ir.soekarno, pada sidang tanggal 14 juli 1945. b).Rapat pemuda digedung bakteiologi. Informasi tentang menyerahnya jepang kepada sekutu sudah diketahui oleh pemuda idnonesia sehingga mereka menuntut agar soekarno dan moh hatta segera memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

pada 16 agustus 1945 dini hari para pemuda membawa soekarno dan hatta ke rengas dengklok. para pemuda ingin kembali meyakinkan soekarno hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan dan tidak terpengaruh dengan jepang. mereka meyakinkan bahwa jepang telah menyerah kepada sekutu dan itu adalah saat yang tepat untuk segera merdeka.

Ahmad subardjo pun datang keregas dengklok untuk menjemput soekarno dan hatta serta memberi keyakinan kepada para pemuda bahwa proklamasi akan dilakukan tapi tak boleh bergesa-gesa. ia juga menyebutkan bahwa proklamasi akan dilakukan pada 17 agustus 1945 selambat-lambatnya pukul 12:00 siang.

d). dirumuskannya teks proklamasi. Setelah dari rengas dengklok, soekarno dan rombonga kembali kejakarta dan segera melakukan pertemuan untuk membahas persiapan proklamasi kemerdekaan. pertemuan itu dilakukan dikediaman laksamana maida yang sat itu menjabat sebagai kepala kantor penghubung angkatan laut dan jepang.

Disana soekarno, hatta, sukarni, ahmad soebardjo,mbah orro, dan B.M diah melakukan rapat untuk menentukan isi teks proklamasi kemudian ditanda tangani oleh soekarno dan hatta yang menjadi wakil bangsa indonesia.sebebab mereka memiliki pengaruh yang besar bagi rakyat indonesia.

Deni
Bagikan
Dikirim Oleh
Deni

Recent Posts

Rahasia Tersembunyi Samsung Galaxy A55: Ungkap Fitur-fitur Menarik yang Harus Kamu Ketahui!

Akhir-akhir ini Samsung Galaxy A55 5G baru-baru muncuk akan tetapi belum banyak yang tahu bagaimana… Baca selengkapnya

8 Hero Meta Solo Rank Season 32 Mobile Legend 2024

Hero Meta Solo Rank Season 32 Pastinya kalian semua sudah mengetahui bahwa kalau setiap bulan… Baca selengkapnya

Tips Push Rank Mobile Legends di Awal Season 32

Halo gan selamat datang di website ILMU ZAMAN MODERN pada kesempatan kali ini admin akan… Baca selengkapnya

ASUS Zenbook DUO, Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia

ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir dengan desain dan fitur revolusioner untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi… Baca selengkapnya

Apakah Investasi Itu Penting?

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa investasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan… Baca selengkapnya

Game Seru Bareng Teman Jika Tidak Ada Internet

Hai guys selamat datang di website Ilmu Zaman Modern pada kesempatan kali ini admin akan… Baca selengkapnya

This website uses cookies.