Menjelaskan tujuan kebijakan perdagangan internasional yang dilakukan pemerintah – Pendidikan

Tujuan Kebijakan perdagangan internasional yang dilakukan pemerintah pada umumnya adalah untuk melindungi hasil karya produk dalam negeri, dan menyejahterakan masyarakatnya.

Tujuan utama  tujuan pemerintah menerapkan kebijakan perdagangan internasional itu adalah untuk “menjaga/ melindungi”menjaga stabilitas nilai tukar mata uang
melindungi TKI 
melindungi kepentingan industri dalam negri
melindungi kepentingan ekonomi nasional 

Pengertian devisa dapat diartikan sebagai kekayaan dalam bentuk mata uang asing yang dimiliki oleh negara. Divisi ini terdiri dari valuta asing yang berupa mata uang yang diakui serta diterima oleh semua negara didunia. Beberapa negara tersebut diantaranya adalah mata uang US Dollar, Euro (Eropa), Dolar Kanada, Franc (Prancis), Yen (Jepang). Selain itu, devisa juga dapat berupa Emas, surat berharga dan berlalu dalam pembayaran internasional.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tidak setiap mata uang asing yang berada di Indonesia dapat dikatakan sebagai devisa. Mata uang asing yang dikatakan sebagai devisa yaitu mata uang asing yang beredar dalam negeri dan Bank Indonesia dan terdapat kurs resmi. Contohnya adalah mata uang Honduras yang catatan resminya belum dimiliki oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, mata uang tersebut tidak termasuk dalam devisa negara.

Dalam pembahasan tentang pengertian devisa, sangat dekat dengan istilah cadangan devisa. Cadangan devisa merupakan sejumlah valuta asing yang ditampung atau dicadangkan oleh Bank Indonesia. tujuan pencadangan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan dan kewajiban luar negeri.

Cadangan devisa adalah salah satu indikator yang menunjukkan lemah atau kuatnya suatu perekonomian negara. Jika negara memiliki cadangan devisa yang besar, maka stabilitas moneter dan ekonomi negara akan terjamin. Pada suatu negara pastinya menginginkan suatu persediaan atau cadangan devisa yang mencukupi. Dengan adanya cadangan devisa, negara dapat membeli kebutuhan dari negara lain. Selain itu, negara juga dapat membiayai perjalanan dinas keluar negeri, membayar hutang atau mencicil hutang dan lain sebagainya.

Fungsi Devisa Bagi Negara
Setelah membahas tentang pengertian devisa, selanjutnya adalah meluas pada pembahasan fungsi devisa. Pada dasarnya fungsi devisa sama halnya dengan fungsi uang pada umumnya. Hanya saja pada transaksi devisa ini lebih dominan digunakan sebagai transaksi internasional pembayaran antar negara, mengukur kekayaan, cadangan moneter, pertukaran barang jasa dan menimbun kekayaan.

Pada dasarnya setiap negara akan menginginkan adanya cadangan devisa yang mencukupi. Hal itu tentunya karena devisa memiliki fungsi dan peran penting dalam perekonomian negara. Adapun secara terperinci, fungsi devisa bagi negara adalah sebagai berikut:

Menjadi alat pembayaran jasa impor dan barang-barang internasional.
Menjadi alat pembayaran cicilan hutang kepada luar negeri beserta dengan bunganya.
Menjadi sumber pendapatan negara dalam membiayai pembangunan-pembangunan internasional.
Menjadi stabilisator nilai mata uang didalam luar negeri.
Dijadikan sebagai pembiayaan hubungan luar negeri, seperti biaya diplomatik, bantuan luar negeri, biaya perjalanan dinas pejabat dan lain sebagainya.
Baca juga : Pengertian Kartel, Karakteristik, Keuntungan dan Kekurangan

Tujuan Penggunaan Devisa Negara
Sesuai dengan fungsinya, devisa juga memiliki tujuan lain bagi negara. Adapun tujuan penggunaan devisa bagi negara adalah sebagai berikut:

Memberikan bantuan yang berupa sumbangan kepada negara lain yang sedang mengalami musibah atau kesusahan.
Membiayai pengiriman kelompok keluar negeri seperti dalam bidang olahraga, kesenian dan lain sebagainya.
Membiayai mahasiswa atau beasiswa untuk mahasiswa luar negeri.
Membiayai korps diplomatik kepada luar negeri.
Untuk membangun fasilitas umum yang ada di dalam negeri.
Membayar jasa keluar negeri seperti jasa pembangunan, pelayaran dan lain sebagainya.
Membayar barang modal sebagai hasil impor seperti mesin pabrik.

Satu pemikiran pada “Menjelaskan tujuan kebijakan perdagangan internasional yang dilakukan pemerintah – Pendidikan”

Tinggalkan komentar