TUJUAN PEMBERONTAKAN PKI MADIUN

Ada baberapa hal yang mendorong timbulnya pemberontakan oleh para penganut dan pengikut PKI tersebut. Karena ini terjadi setelah pemerintahan di Indonesia terbentuk dan sepertinya mereka tidak menginginkan tata cara pemerintahan tersebut.

Berikut tujuan pmeberontakan PKI Madiun:

Mengganti Dasar Negara


Kita semua tahu bahwasanya dasar negara Indonesia adalah Pancasila, sedangkan PKI menginginkan dasar negara yang berbeda yaitu komunisme.

Dimana ini akan menganti semua hal yang diberlakukan di Indonesia dengan sebuah kebebasan yang mengancam banyak rakyat yang tak bersalah. Negara dan dasar komunis yang mereka perjuangkan adalah sesuatu yang memuja pada kekuatan dan kekuasaan. jadi siapapun yang berkuasa dan memiliki kekuatan akan berjaya dan dihargai kala itu.


Membentuk Negara Republik Soviet Indonesia


Pemberontakan yang diketuai oleh Muso beserta pasukannya di dalam nama PKI adalah hal yang dilakukan untuk mendapatkan negara republik soviet indonesia tersebut.

Dimana negara yang akan dibentuk oleh mereka ini akan menjadi negara yang pro terhadap komunis dan soviet. Karena ini akan mengancam kedaulatan negara Indonesia maka presiden Sukarno yang memerintah kala itu menolak rancangan mereka dan ini dikarenakan ideologi dan sistem pemerintahan di Indonesia bukanlah sistem komunis.


Mempengaruhi Petani dan Buruh


Seperti yang tercatat pada sejarah bahwasanya PKI terdiri dari banyaknya buruh dan para petani.

Pemimpin mereka kala itu menghimbau para buruh dan petani untuk bekerja sama dan melakukan pemberontakan. Bahkan tak heran ada banyak hal aneh yang terjadi kala itu seperti berhentinya para buruh dan para petani yang mogok kerja.

Ini merupakan hal yang memang menjadi keinginan oleh para pemimpin pki yang mendominasi sebagian wilayah di Indonesia.


Melakukan Kekejaman


Tidanakan komunis yang dilkakukan oleh apra antek antek PKI tidak hanya berniat memberontak dan melakukan pemaksaan terhadap lahirnya aliran komunisme.

Namun mereka juga melakukan tindakan kekerasan yang tentu saja tidak baik dan merugikan banyak pihak. Mereka melakukan tindakan semena-mena ini atas dasar kesadaran dan keinginan yang tidak lagi bergantung pada hukum apapun.

Oleh karena itulah mengapa PKI sangat dilarang dan dibenci olehpemerintahan atas kegiatan semena-mena yang mereka lakukan.


Menghipun Banyak Massa


Kita tahu bahwasanya kala itu PKI sedang mencari dan menghimpun banyak sekali anggota untuk bergabung dan melakukan pemberontakan. Dengan ini tentunya akan sangat merugikan dan menakuti para pemerintah dan akan mengancam jalannya sistem pemerintahan kala itu.


Bahkan PKI dianggap sudah bisa menguasai para petani dan para buruh. Bahkan siapapun yang menentang dan menghambat pergerakan mereka akan diancam dimusnahkan atau dibunuh.

Ini merupakan tindakan kekejaman dan semena mena yang sangat bertentangan dengan peradaban, HAM dan peraturan pemerintah Indonesia.

Walaupun demikian, tetap saja PKI akan terus berdiri dan berhasil menghasut banyak pengikutnya yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *