Kategori: Tips dan Trik

Begini Cara Memperbaiki Masalah Harddisk pada PS2

Meski PS5 sudah dirilis pada akhir tahun 2020, namun PS2 generasi lawas berhasil menjadi konsol video game terlaris sepanjang masa. Sampai sekarang ini, PS2 sudah terjual hingga 160 juta unit di seluruh dunia.

BACA JUGA : 100 Trik dan Gameplay Winning Eleven PS2

Tetapi, terdapat persamalahan umum yang membuat tiap pemain frustasi. Kesalahan pembacaan disk PS2 terlalu umum terjadi. Untungnya, terdapat sebuah solusi yang bisa membantu Anda untuk bermain kembali.

Cara Memperbaiki PS2 Tidak Membaca Disk

Pada bagian berikut, kita akan membahas 2 situasi. Solusi berbeda untuk ketiga situasi ini dijelaskan di bawah.

Kasus 1: PS2 Tidak Membaca Disk

Jika PS2 Anda tidak membaca disk, disk Anda mungkin tergores atau tidak dapat dibaca oleh laser pembaca PS2. Di sini kami mencantumkan beberapa metode untuk memperbaikinya.

  1. Keluarkan disk lalu temukan goresan dan debu. Bila Anda tidak bisa menemukannya dengan jelas, miringkan disk lalu lihat lebih dekat dengan menggunakan senter.
  2. Bila disk rusak, Anda bisa mencoba memakai kit permainan disk untuk memperbaiki kerusakan serta membuat disk berfungsi lagi.
  3. Bila Anda tidak menemukan kerusakan yang jelas, coba gunakan disk lain untuk melihat apakah permasalahannya terdapat pada disk atau bukan. Ini untuk memeriksa apakah kesalahannya ada pada PS2 atau disk game itu sendiri.

Periksa disk yang tidak berfungsi. Jika ya, lihat apa warnanya. Jika warnanya tertentu, laser pembaca tidak dapat menangani disk. Anda dapat mencoba menggunakan disk pembersih lensa. Jika laser hanya terdapat debu, Anda mungkin dapat membersihkannya dengan pembersih.

Kasus 2: PS2 Tidak Membaca Hard Disk

Jika PS2 Anda tidak membaca harddisk, mungkin harddisk Anda rusak dan data di dalamnya tidak terbaca. Mengingat fakta ini, Anda sebaiknya memeriksa kesalahan pada hard disk Anda.

Sebelum melakukan itu, tekan dan tahan tombol Power di konsol PS2 untuk mematikannya. Cabut kabel daya AC dan kabel lainnya, lalu lepaskan HDD dari unit.

Langkah 1: Hubungkan HDD ke PC Anda. Kemudian unduh Partition Wizard di komputer Anda dan jalankan untuk masuk ke antarmuka utamanya.

Langkah 2: Pilih HDD yang terhubung dan klik opsi Surface Test di panel kiri.

Langkah 3: Pada jendela pop-up, klik tombol Mulai Sekarang untuk memulai proses. Setelah mengklik tombol tersebut, Partition Wizard akan segera memindai kesalahan pada hard disk.

Langkah 4: Setelah beberapa saat, Anda akan menerima hasil scan. Jika terdapat blok bertanda merah pada area yang dipindai, berarti ada bad sector pada harddisk. Anda perlu melakukan penanganan pada hal tersebut. Sebaliknya, Anda harus melewati langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 5: Ketik cmd di kotak pencarian, lalu klik kanan Command Prompt di hasil pencarian yang terdaftar, dan klik Run as administrator.

Langkah 6: Di jendela Command Prompt, ketik chkdsk f: /r dan tekan Enter untuk menjalankan tindakan. Di akhir proses, kesalahan yang terdeteksi pada disk yang dipilih akan teratasi. Anda kemudian dapat melepaskan hard disk dan memasangnya kembali ke konsol PS2 Anda. Nyalakan daya komputer host dan periksa apakah PS2 dapat membaca disk secara normal.

Deni
Bagikan
Dikirim Oleh
Deni

Recent Posts

Rahasia Tersembunyi Samsung Galaxy A55: Ungkap Fitur-fitur Menarik yang Harus Kamu Ketahui!

Akhir-akhir ini Samsung Galaxy A55 5G baru-baru muncuk akan tetapi belum banyak yang tahu bagaimana… Baca selengkapnya

8 Hero Meta Solo Rank Season 32 Mobile Legend 2024

Hero Meta Solo Rank Season 32 Pastinya kalian semua sudah mengetahui bahwa kalau setiap bulan… Baca selengkapnya

Tips Push Rank Mobile Legends di Awal Season 32

Halo gan selamat datang di website ILMU ZAMAN MODERN pada kesempatan kali ini admin akan… Baca selengkapnya

ASUS Zenbook DUO, Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia

ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir dengan desain dan fitur revolusioner untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi… Baca selengkapnya

Apakah Investasi Itu Penting?

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa investasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan… Baca selengkapnya

Game Seru Bareng Teman Jika Tidak Ada Internet

Hai guys selamat datang di website Ilmu Zaman Modern pada kesempatan kali ini admin akan… Baca selengkapnya

This website uses cookies.