Cara Ganti Custom ROM Di Hp Android

Cara Ganti Custom ROM Di Hp Android – Mengapa anda saya haruskan membaca tutorial sebelumnya (Install CWM) ??, karena cara install rom di android memang di sarankan menggunakan CWM Recovery karena ada fitur backup dan restore ROM asli dari android yang sekarang mau di hancurkan oprek.

Sebelum Itu saya ingin memberikan pemahaman bagi kalian apa itu Custom Rom. Custom Rom yaitu Sebuah operasi yang sudah di modifikasi dan biasanya sudah diedit dengan baik.

Persiapan


Setiap percobaan di usahakan di persiapkan dengan matang dan teliti, biar tidak kebingungan nanti pas lagi serius seriusnya malah baru nyari bahan / perlengkapan, kan jadi repot tho.

Bahan-bahan untuk Ganti Custom ROM Di Hp Android

1. Ponsel Bersistem Operasi Android.
2. ROM yang kepanjangan dari Read Only Memory. Silahkan cari dan download sesuai Merek dan Type Handphone  masing masing, di usahakan harus sama ya, soalnya beda type HP kadang  hardwarenya pun berbeda, so harus di samakan. File ROM bisasanya  berformat zip yang berisi file file yang nantina di suntikkan / di masukkan ke ponsel kita.
3. Hp Android kamu sudah terinstal CWM Recovery, Kalau belum silahkan di instal dulu (baca di sini)
4. Keberanian / Nyali (jangan takut rusak, masih ada service center ;)) )
5. DWYOR (Do With Your Own Risk) / Resiko di tanggung penumpang ;))

Langkah-langkah Cara Ganti Custom ROM di Hp Android


Hmm, oke mari kita hajar si robot hijau (android) biar makin kenceng dan makin ganteng tampilanya dengan memasang ROM baru.

  1. Download Custom ROM dan sesuaikan dengan Merek dan Type HP anda, jangan sampai keliru dengan ROM HP lain, nanti malah tidak bisa menyala. (Bisa Cari di Forum XDA)
  2. Setelah ROM di download, sebelumnya lihat fitur fitur ROM tersebut, apakah sudah sesuia keinginan anda atau belum, pokoknya hati hati deh memilih ROM.
  3. Copy ROM yang akan di install ke Memory Card / SDcard Handphone kamu, bisa lewat kabel data / Card Reader.
  4. Backup semua file yang ada dalam Hp Android kalian. bisa menggunakan Titanium backup Download Disini
  5. Matikan Handphone kamu.
  6. Nyalakan kembali dengan menekan tombol volume down / – bersama dengan tombol power agar bisa masuk CWM Recovery.
  7. Terlebih Dahulu Backup dulu ROM bawaan kalian, Untuk antisipasi kalau rom tidak cocok. dengan Cara masuk menu backup and restore pilih backup.
  8. Pilih Menu wipe data/factory reset
  9. Pilih menu wipe cache partition
  10. Pilih menu advanced dan pilih Wipe Dalvik Cache
  11. Selanjutnya kalian bisa pilih Rom kamu dari sdcard tadi dengan cara pilih menu install zip from sdcard Kemudian choose zip from sdcard nah, silahkan pilih ROM yang sudah kamu download dan kamu copy di sdcard tadi, ingat jangan sampai salah pilih file.
  12. Tunggu sampai proses selesai, tidak memakan waktu lama kok, paling cuma beberapa menit.
  13. Jika sudah selsesai dan tidak mengalami error, silahkan pilih dan klik menu reboot system now maka secara otomatis android akan restart dan menyala dengan sistem operasi baru, untuk startup pertama biasanya agak lama, anggap saja sedang menyesuaikan sistem yang baru.

Nah, silahkan lihat hasilnya, sudah puas belum dengan system yang baru, kalau belum silahkan nyari Custom ROM sesuai yang di inginkan.

Dalam hal ini saya sudah mempraktekkan nya dengan Handphone Andromax smartfren, dan mungkin ada sedikit perbedaan untuk masuk ke recovery mode / CWM akan tetapi tidak jauh berbeda dengan Hp Lainnya .

Untuk Pengguna Smartfren Andromax, ada bonus nih buat kalian ni ada beberapa Custom ROM yang pernah di coba oleh pengguna Andromax:

Ini adalah beberapa Custom ROM yang udah di test di handphone Smartfren Andromax:

  1. Annoresta ROM | Download | Detail
  2. ROM AdroMaxi | Download (Saya Menggunakan ROM ini di Andromax)
  3. ROM DroidMax | Download | Detail
    Untuk Info tentang Andromax silahkan Join di Group Facebook di sini semoga bermanfaat bagi teknisi android sekalian, hehhe. see you next post..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *