Membuat Lampu dengan Botol Tanpa adanya Tenaga listrik

Hai guys selamat datang di blog ILMU ZAMAN MODERN, kali ini admin akan membagikan sebuah tips bagi kalian yang mengalami kekurangan listrik atau di daerah kalian sulit mendapatkan listrik kalian bisa menggunakan tips Membuat Lampu dengan Botol Tanpa adanya Tenaga listrik ini.

baca juga: Robot dengan Pergerakan Ular

Sebenarnya lampu listrik tanpa bahan bakar sudah digunakan sejak zaman purba kala, akan tetapi masih menggunakan bahan bakar. Nah bedanya dengan ini yaitu ia tidak menggunakan tenaga listrik ataupun bahan bakar. Ia hanya menggunakan barang2 yang tidak berguna yang ada disekitar lingkungan anda yaitu botol plastik bekas minuman. cara kerjanya hanya pada siang hari botol terisi air dan cairan pemutih pakaian sehingga terang seperti lampu yang diperikaran mencapai lampu neon 23 watt.

Hal ini dapat membuat kita semakin hemat dalam menggunakan listrik karena kita menggunakan energi matahari yang tentunya gratis. Alat ini hanya digunakan untuk siang hari dan dalam keadaan tertutup agar efek ke ruangan lebih jelas. alat ini bisa digunakan di gudang, pasar hingga di tempat-tempat tertutup lainnya.

Oke tanpa basa-basi lagi kita langsung masuk ke tips nya

pertama yang harus kalian perhatikan yaitu mencari bahan-bahan yang diperlukan.

BAHAN-BAHAN

  1. botol plastik berwarna bening
  2. sealant (Perekat berbahan silikon) banyak dijual di toko
  3. bahan penambal seng (banyak juga ditoko silahkan dicari
  4. cairan pemutih pakaian (disarankan menggunakan Bayclean)

Sebelum kalian menuju ke langkah-langkah pembuatannya alangkah baiknya kalian terlebih dahulu melihat kelebihan dan kekurangan nya dengan lampu menggunakan listrik. kalian bisa lihat gambar ini dan kalian bisa nilai sendiri oke.

Nah, sudah tau kan. sekarang kita masuk ke langkah-langkahnya oke

Langkah-langkah

  • Potong plat dan potong sekitar 20 * 25 Cm dengan gunting khusus memotong logam.
  • Buat 2 gambar lingkaran dengan jarak antara lingkaran adalah 1-2 Cm. Ukuran dapat kalian sesuaikan dengan botol kalian gunakan.
  • Potong lingkaran dalam sehingga berlubang dan belah jadi beberapa bagian sisa dari plat yang ada dalam lingkaran
  • buatlah potongan keluar dengan jarak antara potongan sekitar 1 Cm. dengan catatan tidak melebihi garis terluar. amplas botol bekas minum air sudah disiapkan dan jangan lupa untuk melepaskan label nya. (Alasannya agar mempermudah dalam proses penempelan
  • Masukan botol tadi kedalam lubang plat dengan memasukkan 1/3 ukuran dari botol tersebut.
  • Kemudian oleskan lem disekitar lubang agar tidak longgar.
  • Setelah lem nya kering silahkan isi botol dengan air mineral hingga hampir penuh kemudian dituang sekitar satu tutup botol pemutih pakaian ke dalamnya.

Nah, kalian sudah tahu caranya bukan, sekarang kita ke instalasi rumah atau tempat nya

Instalasi

Untuk prosesnya fleksibel tergantung dimana kalina akan gunakan instalasi. Intinya bahwa kalian akan melubangi atap rumah yang di instalasi kemudian tempatkan di atas berlubang tadi dan kemudian gunakan paku atau baut untuk mengencangkan nya agar tidak lepas.

Alangkah baiknya kalian menggunakan lem untuk disekitar sambungan botol tadi agar tidak mengalami kebocoran disaat hujan. dan terakhir jangan lupa untuk memberi lem pada tutup botol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *