Ringkasan tentang pengertian, tujuan, teknik, dan contoh penyuntingan teks deskripsi – Pendidikan

A. PENGERTIAN DESKRIPSI
adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut

B. TUJUAN TEKS DESKRIPSI
Tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara rinci, konkret dan subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis sehingga pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, mengalami apa yang dideskripsikan oleh penulis.

C. TEKNIK TEKS DESKRIPSI
1.,Ketetapan aturan penuliasan
2.Menetapkan diksi Text
3.Komponen dari kalimat, sperti S-P-O-K
4.sistematika Penulisan
5.Kebenaran konsep
6.Membaca kalimat demi kalimat dalam teks.
7.Memperbaiki tanda baca dan ejaan.
8.memperbaiki keterpaduan paragraf. 9.mengklasifikasikan teks pada tesis, argumenatau penjelasan, dan penegasan kembali.
10.Menghilangkan kalimat yang mengandung arti eksplisit berupa ajakan melakukan sesuatu yang diinginkan penulis

D. CONTOH TEKS DESKRIPSI
~Contoh tulisan sebelum disunting
Demokrasi indonesia masih transisi sehingga menimbulkan banyak skali persoalan. Bermacam persoalan telah merugi warga indonesia. meskipun demikian, semua itu masih bisa di anggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. unjuk rasa disertai kekerasan terjadi pekan kemaren di kota p.

Unjuk rasa tersebut dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarutlarut, seperti penggusuran, konflik kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dan lain-lain. kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga dapat memicu terjadinya unjuk rasa. Di sisi lain, unjuk rasa dapat mempercepat penyelesaian berbagai masalah. Walau begitu, perlu juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian masalah?.

~Teks yang Sudah Disunting
•Banjir
Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Dalam pengertian luas, sebagai suatu bagian dari siklus hidrologi. Volume air yang mengalir ditentukan oleh tingkat curah hujan dan tingkat peresapan air ke dalam tanah.
Air hujan sampai di permukaan bumi dan mengalir, bergerak ke laut membentuk alur-alur sungai. Di mulai dari daerah yang tertinggi (pegunungan) dan berakhir di tepi pantai ketika aliran air masuk ke laut. Segmen aliran sungai dapat dibedakan menjadi daerah hulu, tengah, dan hilir.
Jadi, banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Akibatnya, mampu merendam dan merusak jalan raya. Kerugian dari segi harta dan jiwa manusia merupakan dampak lain dari terjadinya banjir.

Tinggalkan komentar