KARAKTERISTIK NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDNESIA

Indonesia sejak kelahirannya pada tanggal 17 agustus 1945 telah memiliki tekad bahwa negara ini akan eksis di dunia internasional dalam bentuk negara kesatuan.

Kesepakatan ini tercermin dalam rapat-rapat badan penyidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI) dan panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI) dalam menyusun konstitusi atau UUD yang tertinggi dalam negara.

Pembentukan negara kesatuan bertujuan untuk menyatukan seluruh wilayah Nusantara agar menjadi negara yang besar an kukuh dengan kekusaan negara yang bersifat sentralistik.

Wujud negara kesatuan Republik indonesia semakin kukuh setelah dilakukan perubahan dalam UUD NRI tahun 1945. UUD NRI tahun 1945 secara nyata mengandung semangat agar indonesia ini bersatu.

Karakteristik negara kesatuan indonesia dapat dipandang dari segi kewilayahan.

Pasal 25A UUD NRI tahun 1945 menentukan bahwa NRI adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah-wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undang-undang.

Istilah nusantara dalam ketentuan tersebut dipergunakan untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau indonesia yang terletak diantara samudra pasifik dan samudra indonesia serta diantara benua asia dan benua australia.

Kesatuan wilayah tersebut juga mencakup (1) kesatuan polotik, (2) kesatuan hukum, (3) kesatuan sosial budaya, (4) kesatuan ekonomi serta, (5) kesatuan pertahanan dan keamanan. Dengan demikian, meskipun wilayah indonesia terdiri atas ribuan pulau,tetap semuanya terkait dalam satu kesatuan negara yaitu negara kesatuan Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.