Apakah Investasi Itu Penting?

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa investasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan hidup dimasa tua. Hal ini terbukti karena kebanyakan orang ingin investasi untuk memastikan masa depan mereka itu dalam hal finansial lebih baik dari pada saat itu.

Baca Juga: Investasi Emas di Aplikasi Treasure (Review Jujur)

Kebanyakan orang belum memulai investasi dikarenakan mereka belum tahu alasan kenapa harus melakukan investasi padahal seperti yang kita ketahui jumlah uang itu tidak akan pernah sama dengan 5 hingga 10 tahun kemudian.

Tapi sejauh yang kita ketahui bahwa semakin lama nilai dari mata uang akan turun contoh seperti naik angkot dulu memang masih Rp. 2.000 itupun jauh dekat tetap dengan harga segitu. Kemudian untuk saat ini naik angkot sudah seharga Rp. 5.000.

Contoh lain seperti tiket bioskop dulu harga bioskop biasanya Rp.30.000 sedangkan saat ini harga segitu sudah sangat jarang sekali bahkan biasanya dengan harga Rp. 50.000 dan Rp. 60.000 pada saat weekend.

Dari 2 contoh diatas menunjukkan bahwa nilai mata uang akan semakin turun hari demi hari. Nah, sebagai orang yang berfikir pasti bertanya bagaimana cara agar mencegah nilai dari harta kita tidak turun seperti mata uang yang dijelaskan diatas.

Jadi salah satu dari solusi tersebut adalah investasi. Oleh karena itu kita harus memulai berinvestasi.

Investasi adalah mengorbankan sebagian kita konsumsi hari ini kita korbankan untuk menghasilkan lebih banyak lagi di masa depan.

Maka timbul pertanyaan Apakah menabung adalah salah satu dari jenis investasi? BUKAAN

Kenapa menabung bukan termasuk investasi, karena ketika menabung akan menghasilkan nilai yang sama tidak berkurang maupun bertambah.

Investasi yang dapat membuat ketika kita menaruh uang kita ke suatu tempat dan hal tersebut membuat uang kalian semakin bertumbuh hari demi hari.

Ada beberapa tempat menaruh uang ada yang dapat kalian gunakan dan disini ada yang termasuk Investasi dan bukan investasi

1. Menabung di Celengan

Menabung di celengan merupakan salah satu untuk menyimpan uang akan tetapi apakah ini efektif. oke kita ambil contoh saja ketika kita menabung Rp.2.000.000 dan kalian simpan selama 5 tahun maka uang tersebut akan sama. cara ini bukan termasuk investasi karena tidak menimbulkan kenaikan ataupun penurunan dari nilai uang yang kalian simpan.

2. Bank

Menaruh uang di Bank tentu saja saat ini sering digunakan oleh hal layak orang. tahu nggak kalian jika menaruh uang di bank memiliki bunga sebesar 0.64% per tahun akan tetapi saat ini dengan biaya admin yang diberikan malah membuat uang kita semakin turun. Akan tetapi apakah hal tersebut membuat kita memilih untuk menyimpan uang di celengan?. saya rasa tidak. hal ini dikarenakan karena adanya resiko dan kemudahan jika kita menaruh dalam bank seperti dapat diakses kapanpun maupun dari segi terhindar dari segala kehilangan dibandingkan celengan.

3. Deposito

Deposito memiliki perbedaan dengan menaruh uang di bank. Perbedaannya yaitu pada penarikannya. Deposito memiliki jangka waktu tertentu agar dapat melakukan penarikan dan biasanya memiliki bunga tertentu sehingga uang yang kalian taruh sebagai deposito dapat terjadi kenaikan. Hal tersebut dapat dikatakan investasi. sebagai contoh uang Rp. 2.000.000 dapat bertambah ketika melakukan deposito selama 5 tahun.

4. Obligasi

Obligasi ini hampir sama dengan deposito akan tetapi disini untuk perusahan atau pun pemerintah dengan menaruh uang dalam jangka waktu tertentu dan tentunya memiliki bunga yang lebih besar dibandingkan deposito. Contoh saja sama kita menaruh uang Rp.2.000.000 jika kita menaruh ke obligasi maka nilainya akan lebih tinggi dibandingkan deposito.

5. Reksa Dana

Cara ini memiliki pengetahuan yang luas untuk dapat mengaplikasikannya akan tetapi saya berusaha untuk menyederhanakannya. reksa dana konsepnya itu hampir sama dengan obligasi akan tetapi kita hanya menaruh uang tapi ke manajer investasi (yang sudah ahli dalam melakukan obligasi) sehingga nanti uang kalian berada di tempat yang tepat dan manajer investasi akan mendapatkan Fee. Reksadana memiliki nilai yang sangat bagus hingga 61% pertumbuhan karena salah satu keuntungannya adalah tidak mempunyai pajak sehingga dapat mendapatkan pertumbuhan yang cepat.

6. Saham

Saham merupakan cara menaruh uang akan tetapi seperti kita membeli kepemilikan perusahaan. saham bisa lebih tinggi dibandingkan obligasi jika kalian investasi dalam jangka panjang. kita contohkan saja seperti investasi Rp. 2.000.000 maka hasilnya lebih tinggi dari obligasi dikarenakan dengan bunga yang besar akan tetapi jika milih sahamnya harus benar

Oke jadi itu ada 6 cara menyimpan uang dan saya sarankan kalian untuk berinvestasi semenjak muda dikarenakan jika kalian masih muda selain kalian masih kerja produktif, kalian juga dapat melakukan investasi tanpa ada banyak tanggungan sehingga pada masa tua kalian tidak perlu banyak mengkhawatirkan sesuatu khususnya masalah finansial

Tinggalkan komentar