Cara Membuat Hand Sanitizer dengan menggunakan Limbah Daun lidah Mertua dan Daun Jambu Biji

Cara Membuat Hand Sanitizer Secara Alami – Menjaga kebersihan tangan merupakan langkah awal menjaga kesehatan tubuh. Hal ini memberikan upaya terjadinya infeksi melalui tangan. Pemakaian antiseptik dinilai tidak praktis dalam pemakaiannya. Antiseptik merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit

Hasil gambar untuk limbah daun jambu biji
daun jambu biji
Cara Membuat Hand Sanitizer Secara Alami
Daun Lidah Mertua

akan tetapi kebanyakan antiseptik menggunakan bahan yang berbahaya karena sebagian besar mengandung alkohol dan triklosan yang bisa terbakar dengan mudah. kalian bisa tonton eksperimen salah satu video yang saya ambil dari Youtube.com

Nah, hal ini menyadarkan kita bahwa dengan menggunakan hand sanitizer yang praktis atau dijual dimana-mana merupakan sebagian besar menggunakan alkohol yang mudah terbakar. dan ini lagi ada juga bahwa jika kita menggunakan hand sanitizer terlalu sering maka kulit akan semakin kering dan bisa terjadi iritasi.

Cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol mempunyai kemampuan membunuh bakteri. Kandungan alkohol yang terdapat di dalamnya memiliki efektivitas yang lebih baik dalam menghilangkan mikroba serta membutuhkan waktu yang singkat dibandingkan mencuci tangan dengan sabun. Kekurangan cairan pembersih beralkohol adalah sering mengiritasi kulit serta membuat kulit menjadi kering (WHO, 2005).

BACA JUGA: Proses pembentukan bahan tambang

Di Indonesia, banyak terdapat tanaman berkhasiat untuk penyembuhan penyakit, diantaranya adalah daun lidah mertua (Sansevieria trifasciata Prain)dan daun jambu biji(Psidium guajavaL.). Ekstrak daun lidah mertua mengandung senyawa polifenol, saponin, dan flavonoid yang bekerja sebagai antibakteri. Senyawa tersebut mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Gram positif Staphylococcus aureus dan Gram negatif Pseudomonas aeruginosa dan Escherichia coli (Lombogia et al., 2016). Daun jambu biji diketahui memiliki aktivitas antibakteri. Kandungan tanin dalam ekstrak etanol daun jambu biji memiliki aktivitas antibakteri terhadap E. coli, S. aureus, P.aureginosa dan aktivitas antifungi terhadap A. niger dan C. albicans. Ketiga bakteri tersebut mewakili bakteri gram negatif dan positif yang berperan dalam kontaminasi pada makanan (Mailoa et al., 2014)

dengan menggabungkan dua bahan ini maka kalian dapat membuat sebuah hand sanitizer yang alami dan aman digunakan. Hal ini sudah di teliti oleh salah satu mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Porwekerto yaitu setyo Nurwaini yang dapat menyimpulkan bahwa

Hand sanitizer gel ekstrak daun lidah mertua dan ekstrak daun jambu biji memiliki sifat fisik gel yang baik. Aktivitas antibakteri ditunjukkan dengan zona hambat terhadap Escherichia coli sebesar 10,5 mm serta mampu menurunkan jumlah angka kuman sebesar 52%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan hand sanitizer gel kombinasi ekstrak daun lidah mertua dan ekstrak daun jambu biji dapat digunakan sebagai alternatif sediaan hand sanitizer gel.

Nah, untuk itu admin ingin membagikan kepada kalian tentang tips dan trik ini.

Alat Dan Bahan

Alat yang digunakan adalah perlengkapan maserasi, timbangan, glassware, cawan porselin, jangka sorong, mikropipet, inkubator, oven (Memert), autoklaf (Memert), Laminar Air Flow (LAF), kawat/jarum Ose, pembakar Bunsen, pH meter, gelas obyek, viskometer.

Bahan-bahan yang digunakan adalah daun jambu biji, daun lidah mertua diperoleh dari Surakarta; NaCMC, propilen glikol, gliserin, akuades, etanol 70% semuanya berderajat farmasetis; bluetips, yellowtips, isolat bakteri Escherichia coli, media kultur selektif Mc Conkey (Oxoid), media kultur Nutrient Agar (Oxoid), NaCl (E-Merck), plat alumunium.

Pembuatan Ekstrak

Sebanyak ±500 g serbuk simplisia daun jambu biji ditimbang dan dimasukkan ke dalam wadah maserasi, kemudian direndam dengan 1,5 liter etanol 70%. Wadah ditutup dan disimpan pada suhu kamar yang terlindung dari sinar matahari langsung selama 24 jam. Hasil maserasi serbuk simplisia disaring agar cairan etanol dan ampasnya terpisah. Ekstrak cair kemudian dievaporasi untuk mendapatkan ekstrak kental. Perlakuan yang sama dilakukan terhadan simplisia daun lidah mertua.

Pembuatan hand sanitizer gel

Sebanyak 10 g ekstrak dilarutkan dalam sebagian akuades. NaCMC dikembangkan dalam sisa akuades yang telah dipanaskan dan didiamkan selama 15 menit. Campuran diaduk hingga terbentuk massa gel yang homogen. Propilen glikol dan gliserin dicampur kemudian ditambahkan pada basis gel. Terakhir ditambahkan ekstrak .

Oke mungkin itu dulu artikel Cara Membuat Hand Sanitizer Secara Alami semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *