Pendidikan

Menganalisis peristiwa penting diluar negri yang berkaitan dengan proklamasi – Pendidikan

a). Jepang menyerah kepada sekutu (dalam sidang istimewa teikoku gintai parlemen jepang)

Pada sidang istimewa keikoku gintai (parlemen jepang) ke-85 pada 7 september 1944 ditokyo, perdana menteri kaiso mengumumkanbahwa daerah hindia timur (indonesia) diperkenankan untuk merdeka kelak dikemudian hari. Hal tersebut dilatar belakangi oleh semakin terdesaknya angkatan perang jepang oleh pasukan amerika,terlebih dengan jatuhnya kepulauan saipan ketangan amerika serikat.

b). Pembentukan dokuritsu janbi cosakai (BPUPKI).

Pada 1 maret 1945,Letnan jenderal kumukici harada mengumumkan pembentukan dokuritsu janbi cosakai pada badan penyidik usaha-usaha panitia kemerdekaan. tindakan ini merupakan langkah kongret pertama bagi pelaksanaan janji kaiso DR.Radjiman Wedio Diningrat terpilih sebagai kaico atau ketua.

c). Pembentukan Dokuritsu junbi ingkai.

Pada tanggal 7 agustus 1945, panglima tentara umum jenderal terauchi meresmikan pembentukan Dokuritsu junbi ingkai atau panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI). Pada saat ini pula, dokuritsu junbi cosakai dinyatakan bubar, dan bungkarno terpilih sebagai wakil ketua.

d). Bom Atom dikota nagasaki dan hiroshima.

Pada tanggal 6 agustus 1945, tepatnya jam 08;15 pagi kota hirosima telah dijatuhi bom atom oleh tentara sekutu, lebih dari 70.000 orang penduduk kota hirosima telah menjadi korban bom atom tersebut. kemudian pada tanggal 9 agustus 1945 bom atom yang kedua kembali dijatuhkan oleh amerika serikatdikota nagasaki dan akibat ledakan tersebut lebih dari 75.000 orang penduduk jeoang nagasaki menjadi korban.

e). Berita jepang akan memberikan kemerdekaan kepada indonesia .

Pada tanggal 12 agustus 1945 jepang melalui marsekal terauchi di dalat (vietnam) memberikan informasi kepada tokoh pergerakan yang di undang yaitu, ir.soekarno, Drs. moh hatta, dan dr.radjiman wediodiningrat, bahwa pemerintah jepang yang akan segera memberikan kemerdekaan kepada bangsa indonesia dan proklamasi kemerdekaan dapat dilakukan pada tanggal 24 agustus 1945 pelaksanaannya akan dilakukan oleh ppki.

f). Jepang secara resmi menyerah kepada sekutu dikapal uss missouri.

Setelah peristiwa jatuhnya bom atom dikota nagasaki dan hiroshima pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945 yang mengakibatkan hancurnya militer jepang pada 14 agustus 1945 jepang menyerah secara resmi kepada sekutu diatas kapal uss missouri saat ini tentara jepang masih menguasa indonesia sebab jepang berjanji akan mengembalikan indonesia ke tangan sekutu.

Deni
Bagikan
Dikirim Oleh
Deni

Recent Posts

Rahasia Tersembunyi Samsung Galaxy A55: Ungkap Fitur-fitur Menarik yang Harus Kamu Ketahui!

Akhir-akhir ini Samsung Galaxy A55 5G baru-baru muncuk akan tetapi belum banyak yang tahu bagaimana… Baca selengkapnya

8 Hero Meta Solo Rank Season 32 Mobile Legend 2024

Hero Meta Solo Rank Season 32 Pastinya kalian semua sudah mengetahui bahwa kalau setiap bulan… Baca selengkapnya

Tips Push Rank Mobile Legends di Awal Season 32

Halo gan selamat datang di website ILMU ZAMAN MODERN pada kesempatan kali ini admin akan… Baca selengkapnya

ASUS Zenbook DUO, Laptop Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia

ASUS Zenbook DUO (UX8406) hadir dengan desain dan fitur revolusioner untuk memaksimalkan produktivitas melalui teknologi… Baca selengkapnya

Apakah Investasi Itu Penting?

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa investasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan pendapatan… Baca selengkapnya

Game Seru Bareng Teman Jika Tidak Ada Internet

Hai guys selamat datang di website Ilmu Zaman Modern pada kesempatan kali ini admin akan… Baca selengkapnya

This website uses cookies.