Kinerja Transportasi laut sebagai pendukung pariwisata di Lombok

Transportasi laut sebagai pendukung pariwisata di Lombok – Transportasi laut adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan barang atau orang dari tempat satu ke tempat yang lainnya melalui laut. Di Lombok, transportasi laut sangat dibutuhkan karena Lombok merupakan pulau yang kecil. Disamping itu pula, pulau Lombok ini memiliki banyak keindahan alam sehingga banyak orang dari luar negeri menuju ke Lombok. Hal tersebut membuat banyak sekali perubahan dan dampak bagi masyarakat. Oleh sebab itu, diperlukan suatu gagasan untuk membangun transportasi laut yang unggul dan tentunya Indonesia akan menjadi maju.

Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat yang memiliki keindahan pantai yang banyak dan beragam sehingga kemenhub telah membangun 3 pelabuhan di Lombok untuk meningkatkan pariwisata. Adapun 3 pelabuhan di Lombok yaitu

  • pelabuhan lembar

pelabuhan lembar merupakan pintu masuk provinsi NTB dari  arah barat, dikembangkan untuk melayani angkutan pariwisata yang datang ke NTB.

  • pelabuhan Lombok

Pelabuhan Lombok merupakan pelabuhan untuk masyarakat dari timur menuju ke Lombok.

  • Pelabuhan Gili Mas

Pelabuhan ini baru dijadikan sandar pelabuhan pada tahun 2011. Pelabuhan ini bisa digunakan untuk menyandarkan kapal pesiar dengan panjang lebih dari 300 meter sehingga wisatawan tidak perlu lagi menggunakan sekoci untuk mencapai daratan (seperti pelabuhan lembar)

Berdasarkan data dari PT. ASDP Indonesia, bahwa kenaikan jumlah penumpang mencapai 91.780 orang. Hal ini bahwa transportasi laut sangatlah di butuhkan khususnya para pariwisata yang mau berkunjung di Lombok

Kementrian Hubungan (kemenhub) sendiri telah melakukan analisis SWOT Strengths, weaknesses, opportunities and threats untuk menganalisis dan memilah yang mempengaruhi faktor-faktor dari swot itu sendiri. metode ini bertujuan untuk menganalisis kelemahan, kekuatan dan permasalahan pelayanan. Hal tersebut membuat para pariwisata akan nyaman dan merasa aman.

Pariwisata merupakan sektor untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat. Di Indonesia sendiri bahwa pariwisata di Indonesia menjadi sektor ekonomi terbesar karena kontribusi terhadap devisa Negara terbesar kedua setelah industry kelapa sawit. Hal tersebut menjadikannya sektor unggulan karena dengan jumlah destinasi dan investasi pariwisata yang meningkat menjadikannya factor kunci untuk menciptakan lapangan kerja, infrastruktur, pengembangan usaha dan pendapatan dari ekstor. Faktor kunci tersebut membuat perekonomian baik untuk masyarakat maupun untuk Negara menjadi meningkat.

Di Lombok sendiri mempunyai beberapa objek wisata yang akan dikunjungi oleh para wisatawan diantaranya Taman Narmada, Pusat kerajinan Cukil Sayang-sayang, Lingsar, pantai sengigi, Gili Terawangan, Museum kerajinan tenun Sukarara, Desa Sade, Kerajinan gerabah Banyumulek, dan Mandalika serta masih banyak lainnya.

Transportasi salah satu bidang yang penting dalam pariwisata untuk memudahkan akses menuju destinasi wisata yang dituju dan transportasi laut salah satu pintu masuk.

Untuk itu kementrian hubungan perlu mengembangkan dalam bidang transportasi dimulai terutama dari segi keandalan dan SWOT yang dimiliki agar para pariwisata merasa aman dan nyaman.

Jika kalian lebih mendalam bagaimana kinerja transportasi laut maupun dari transportasi apapun itu bisa lihat saja akun sosmed kementrian Hubungan Indonesia dibawah ini

Youtube : Kementerian Perhubungan RI
Facebook : Kementerian Perhubungan RI
Twitter : @kemenhub151
Instagram : @kemenhub151

Satu Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *